Dec 9, 2016

Buku anak yang bagus.

Beberapa waktu yang lalu ada seorang teman menanyakan tentang rekomendasi buku anak yang bagus menurut saya, karena anaknya akan berulangtahun dan dia ingin memberi kado berupa buku. Jujur saya bingung, kalau dimintai rekomendasi buku.

Karena bagi saya nggak ada buku yang benar-benar jelek. Semua buku bagus, hanya mungkin soal selera, ya... Kalau ada kurang di sana sini masih wajar, kan?


Memilah buku untuk anak tentunya nggak gampang. Saya sendiri sebelum memberikan buku untuk kedua anak saya pasti paling tidak saya baca dulu. Kecuali buku dongeng dari penulis buku anak yang saya tau emang bagus banget, seperti buku Clara Ng.

Seperti kemarin saat ke bbw, rasanya pengen ngeborong semua buku anak. Karena ya... Isinya menarik semuaaaa. Tapi untungnya saya juga bantuin satu orang temen beli buku, saya jadinya berkesempatan buka bukunya dulu dan baca dulu sebelum beli. Nantilah, saya review lagi buku lain yang saya beli untuk anak-anak.

Kembali ke pertanyaan teman saya, yang saya usulkan sih buku dongeng kalau memang anaknya sudah suka membaca, kalau misal mau mengawali supaya anaknya mulai tertarik untuk membaca ya, belikan buku cerita karakter kartun yang ia suka. Misal kalau Zianka lagi suka frozen dan shophia.

Kemudian setelah saya usulkan begitu, dia menjawab "tapi ayahnya pengennya yang buku berbau agama. Btw, makasi sarannya"

Tambah bingung deh saya, hahaha. Tapi membaca ujung kalimat jawabannya, maka saya tak perlu merekomendasikan lagi toh. Hehehe, ngeles.

Walau saya gatel sih pengen jawab, kalau anaknya sudah seneng baca ya kasih aja buku-buku cerita tentang nabi. Tapi kalau belum, jangan paksain buku yang emak bapaknya suka dulu... ntar anaknya bukannya suka malah alergi. Bukan berarti buku agama nggak baik loh ya... Saya juga belikan anak-anak buku agama, tapi ya itu sebagai pengenal saya rasa lebih baik dari apa yang disukai anak.

Semua buku bagus kok, asal kita bisa ambil hikmah yang mungkin nggak tertulis secara langsung dari buku-buku itu.

4 comments:

  1. buku cerita anak2 yang berbau agama mungkin Ghazinya Felix Siauw ya mbak

    ReplyDelete
  2. Kalo dpt buku anak yg tepat, insya Allah nanti bs nimbulin minat baca

    ReplyDelete
  3. Suka nyari2 yg udah kebuka dulu di gramed... Kadang klo anak yg milih, bisa diborong semua yg princess2an sama diaa, aku ngga ngasih hehe

    ReplyDelete
  4. Anakku liat buku malah disobek2 :(. Ya ga pernah liat buku sih ya.

    ReplyDelete